KERAGUAN

doubt-flash

Di sebuah percakapan semasa kuliah, seorang kawan dekat yang amat mengerti aku pernah berkata, bahwa aku adalah seorang peragu. Aku tak ingat betul, apakah ia mengatakan itu dalam nada negatif atau netral. Aku mengimani saja, bahwa aku memang peragu. Dan aku memang cukup terganggu dengan itu. Barangkali kawanku itu ingin bilang, bahwa tidak semua hal harus kuragukan. Sekali-kali “melompatlah” atau “terjunlah”. Walau tak yakin betul, namun tak berarti tak ada masa depan dan solusi.

Demikianlah keraguan memang cenderung dipandang negatif. Pun ketika aku memandang keraguanku sendiri. Sekian banyak buku, film, dongeng, khotbah, dakwah, dan kata-kata bijaksana menasihatkan agar kita menjadi orang yang yakin, bukan peragu. Aku mengamini itu pula. Namun tunggu dulu… Tidak melulu keraguan itu negatif. Lagipula, siapa yang tak pernah ragu?

Kisah dalam Injil mengenai keraguan ditampilkan dalam adegan Thomas – salah satu murid Yesus – yang tak percaya bahwa Yesus telah bangkit. Ia perlu membuktikan dengan mencucukkan jarinya ke lubang bekas paku, pada tangan dan lambung Guru-nya itu. Thomas lantas dinilai kurang memiliki iman yang sebanding dengan para murid yang lain. Namun, bukankah keraguan Thomas amatlah manusiawi dan wajar. Para murid lain telah berjumpa dengan Yesus yang menampakkan diri itu. Sedangkan Thomas?

Ada kalanya keyakinan perlu diuji oleh sesuatu yang telah terkaji, bukan saja berdasar pada apa yang sudah tersaji. Bagaimanakah kisah Thomas berujung? Ia berjumpa dengan Yesus. Apa yang membuatnya percaya bahwa Yesus telah bangkit? Apakah setelah ia mencucukkan tangannya pada lubang(-lubang) itu? Ternyata tidak. Setelah Yesus berkata-kata, Thomas langsung mengakui kehadiran Yesus itu. Ya, Guru-nya yang telah bangkit.

Menjadi peragu memang tidak baik. Namun menampik keraguan juga menjadi hal yang terlalu naif. Bukankah dalam iman, selalu ada ruang untuk keraguan.

_argo

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s